Belajar Instagram Marketing

5.00(1 Ratings)
Course level:Beginner
Course Duration: 41m
Enrolled:6

About Course

Sebuah Panduan Lengkap berupa Video Tutorial yang akan memandu anda untuk bisa memanfaatkan instagram untuk kebutuhan bisnis anda.
Show More

Deskripsi Kursus

Zaman teknologi membawa perubahan tersendiri untuk dunia teknologi yang berkaitan dengan digital. Termasuk dalam dunia marketing, perubahan itu sendiri membawa perubahan pada pola pikiran dari konvensional ke digital khususnya marketing. Dikelas ini akan mengajarkan kepada anda bagaimana mengelola instagram untuk kebutuhan marketing bisnis anda. Kelas ini membahas materi basic yang bisa menunjang usahamu. Dengan materi ini kamu akan memahami dan mengerti betapa pentingnya mengelola instagam supaya lebih maksimal.

Konten visual adalah salah satu cara terbaik untuk memberi tahu audience Anda tentang siapa Anda. Selain itu, Anda juga bisa membangun hubungan dengan customer Anda melalui konten visual. Mendekati pelanggan Anda lebih penting daripada hanya fokus menjual barang dan jasa Anda. Oleh karena itu, feed Instagram Anda harus bisa lebih mendekati pelanggan melalui sisi perasaan mereka dibanding sekedar untuk berjualan. Kalau Anda berhasil melakukan ini, Anda akan melihat impact positif untuk bisnis Anda – dari sisi visibilitas sampai penjualan.

Berikut ini kenapa kamu harus mulai menggunakan Instagram sebagai sarana penjualanmu.

Meningkatkan Brand Visibility

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Instagram penting untuk meningkatkan visibilitas sebuah brand. Dengan lebih dari 700 juta pengguna dan jutaan photo diupload setiap harinya, IG bisa menjadi tempat dimana brand Anda mendapatkan exposure. Bagaimanapun juga visibilitas sangat penting bagi sebuah bisnis. Anda bisa melakukan ini dengan Instagram. Selama Anda bisa membuat konten yang kreatif – foto, video, dan stories yang menarik di Instagram, Anda pasti bisa meningkatkan visibilitas brand Anda.

Konten Visual Menjadi Semakin Penting Dalam Kegiatan Marketing

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, konten visual adalah salah satu jenis konten marketing yang paling diminati. Foto adalah salah satu konten dengan engagement tertinggi di internet. Menurut sebuah studi, postingan visual mendapat engagement 650% lebih tinggi dibanding postingan yang hanya berisi text. Oleh karena itu Instagram adalah platform yang hebat untuk melibatkan followers Anda dan membuat mereka terus menantikan postingan Anda selanjutnya. Anda bisa menggunakan Instagram untuk menguji apa yang disukai oleh audiens Anda secara visual. Ini akan membantu Anda mengembangkan branding Anda di seluruh platform. Dengan begitu Anda dapat memasukkan image yang Anda gunakan di Instagram ke channel marketing lainnya, seperti blog dan email newsletter Anda.

Tips: Pastikan gaya foto Anda terpadu dan orang yang membuka profil Anda bisa merasakan image brand yang ingin Anda sebarkan.

Anda Bisa Menjangkau Lebih Banyak Orang Lewat Instagram

Dengan jumlah pengguna yang berjumlah ratusan juta, Instagram memberikan pemilik bisnis peluang untuk mencapai audience yang lebih luas. Salah satu fitur IG yang bisa Anda gunakan agar semakin banyak orang melihat brand Anda adalah fitur #hashtags. Gunakan hashtag-hashtag yang relevan agar target audience Anda bisa menemukan postingan Anda.

Instagram marketing hashtag

Misalnya brand Anda menjual sepatu, Anda bisa lihat hashtag #sepatuindonesia dan Anda bisa lihat ada berapa banyak postingan yang menggunakan hashtag itu.

Tips: Gunakan hashtag relevan dan jangan gunakan hashtag yang terlalu banyak digunakan. Ini bisa memberi pengaruh negatif untuk reach atau jangkauan Anda.

Kalau Anda bersedia menyediakan budget dan sedikit waktu, Anda juga bisa memanfaatkan Instagram Ads untuk menjangkau lebih banyak orang.

User Engagement Yang Lebih Tinggi Dibanding Social Media Lain

Jika dibandingkan dengan social media lain, user Instagram bisa dibilang lebih engage dibanding user di social media lain seperti Twitter dan Facebook. User Instagram sendiri memang lebih terbuka dengan branded content atau konten yang berisi promosi. User IG biasa langsung meninggalkan komentar jika mereka tertarik dengan postingan Anda. Selain itu, mereka juga lebih mungkin membagikan atau share konten yang mereka suka ke teman-temannya melalui mention di kolom komentar atau fitur direct message Instagram.

Untuk mulai melakukan engagement, Anda bisa memulai percakapan dengan memanfaatkan hashtags agar orang-orang menemukan postingan Anda. Selain itu, perlu diingat bahwa engagement bukan hanya tentang berapa banyak orang yang melihat postingan Anda atau berapa banyak likes yang Anda dapatkan. Tetapi engagement juga perlu diperhatikan dari segi percakapan. Balas komentar atau direct message followers Anda. Hindari penggunaan bots untuk membalas komentar orang karena ini akan mempengaruhi statistik Instagram Anda. Bagaimanapun juga interaksi organik memiliki nilai lebih karena mereka bisa membuat orang melakukan transaksi dan menjadi customer loyal.

Tips: Adakan kontes di Instagram seperti giveaway untuk meningkatkan engagement IG Anda.

Tidak hanya melalui interaksi online, kebanyakan user IG juga merupakan online shopper. Menurut sebuah studi, 72% pengguna Instagram dilaporkan melakukan purchase decision atau keputusan belanja setelah mereka melihat sesuatu di Instagram – terutama untuk kategori baju, makeup, sepatu dan perhiasan. Bisa dibilang, pengguna Instagram memang memiliki intensi belanja dan cepat untuk di-convert.

Tips: Coba manfaatkan fitur Instagram Story karena ini merupakan salah satu fitur kesukaan user-user IG.

Monitor Percakapan Tentang Brand Anda Lewat Instagram

Salah satu hal yang harus dilakukan oleh marketer adalah memonitor percakapan tentang brand mereka yang ada di social media. Anda bisa melakukannya dengan mencari apa yang orang-orang katakan tentang brand Anda di social media seperti Twitter, Facebook, dan tentunya Instagram.

Orang-orang biasa mengupload foto dan video tentang produk Anda – baik di profil mereka atau melalui Instagram Story. Selain itu, biasa teman-teman mereka akan meninggalkan komentar di foto atau video mereka. Nah, Anda perlu mengetahui apa yang mereka bicarakan nih. Dari sini Anda bisa melihat apa pendapat orang-orang tentang brand Anda. Karena Instagram sangat ramai, Anda pasti bisa menemukan satu atau dua komentar tentang brand Anda.

Lihat Apa Yang Kompetitor Anda Lakukan

Anda mungkin belum menggunakan Instagram sebagai channel marketing tetapi kompetitor Anda mungkin sudah melakukannya. Jadi gunakan platform ini untuk melihat aktivitas apa yang mereka lakukan; Bagaimana mereka berinteraksi dengan komunitas mereka? Konten seperti apa yang mereka post? Bagaimana mereka berhubungan dengan followers mereka? Apakah mereka menjalankan kontes Instagram? Anda bisa melihat bagaimana bisnis-bisnis di industri Anda melakukan Instagram marketing.

 

What I will learn?

  • Memahami Basic Instagram Marketing
  • Memahami Hashtag Yang Tepat
  • Memahami Konten Yang Menjual
  • Menjadikan Instagram Anda Jadi Menarik

Perlengkapan

  • Smartphone/Handphone
  • Komputer/Laptop (Opsional)
  • Paket/Wifi
  • Niat

Siapa yang bisa mengikuti?

  • Pelaku Bisnis
  • Freelancer
  • Content Creator
  • Youtuber
  • Ibu Rumah Tangga
  • Mahasiswa
  • Pelajar
  • Affiliate
  • UMKM

Course Curriculum

Pengenalan

  • Bagaimana Cara Keja Instagram Marketing
    06:49

Memulai Instagram Marketing

Setting Instagram Agar Maksimal

Konten & Iklan

Student Ratings & Reviews

5.0
Total 1 Rating
5
1 Rating
4
0 Rating
3
0 Rating
2
0 Rating
1
0 Rating
SJ
1 tahun ago
The information presented is very easy to understand. Good Job!
Rp100,000

30-Days Money-Back Guarantee

Apa Saja Yang Anda Dapatkan?

  • Video Panduan
  • Sekali Bayar
  • Akses Seumur Hidup Diwantara Academy
  • Bisa Diakses Melalui Smartphone
  • Bisa Diakses Dimana Saja
  • E-Sertifikat
Shopping Cart
Scroll to Top